Monday, September 2, 2013

Gelap gelapan

Lama sekali aku berada di Semarang saat libur lebaran kemarin, mulai dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 15 Agustus. Rasa bosan mulai muncul setelah seminggu berada di sana, bingung mau ngapain. Inget orangtua yang belom disambangin, inget rumah yang pasti sudah banyak sawangnya, inget kucing item (si emak) yang pasti menunggu pintu belakang dibuka untuk mengambil makanannya. Sementara di Semarang kerjaanku hanya makan dan tidur, sesekali bantu-bantu, tapi tetap saja rasanya ga betah.

Beda rumah beda peraturan beda kebiasaan, begitulah yang aku rasakan. Ada kebiasaan penghuni di sana untuk mematikan seluruh lampu di dalam rumah jika semuanya sudah tidur. Mulai dari belakang sampai depan, kondisi gelap gulita tanpa secercah cahaya pun kecuali lampu dekat jalanan depan yang nyala.

Dan ini merupakan gajelan tersendiri buatku, bukan karena aku takut gelap atau takut ada hantu. Tapi aku takut ada kecoak dan tikus yang melintas tanpa sepengetahuanku, dan ini sering terjadi. Saat malam aku kebelet, aku berjalan ke belakang sambil meraba kiri kanan. Sesekali kepentok perabotan, lalu tiba-tiba "jroott" kecoak keinjek di telapak kaki. Belum lagi tikus berisik terdengar melintas sambil mencicit, bikin aku tambah setres.

Awal pertama kali baru nikah malah aku selalu minta dianterin ke belakang ama akang, karena ga terbiasa dengan gelap-gelapan itu. Lama-lama akang males dan aku harus jalan sendiri kalo kebelet. Akhirnya biar ga perlu ke belakang, kalo menjelang malam aku minumnya sedikit, biar ga kepingin pipis, ribet memang.

Pernah juga protes kenapa kalo malam dimatikan semua, mereka bilang biar hemat energi. Entah hematnya seberapa wong lampunya juga wattnya kecil semua, yang kalo dinyalain masih redap redup. Akhirnya kadang aku nyalain sendiri lampu kamar mandi belakang biar ga terlalu gelap, tapi tetap saja selalu ada yang matiin setelahnya.

Sutralah...sekarang ini, paling kalo bener-bener kebelet, aku ke belakangnya sambil bawa hape. Bukan buat ngeblog atau pun ceting, tapi buat senter biar ga ketemu musuk besarku, tuan kecoak dan tuan tikus. Gaya kan..?! :D

#kisah mudik

34 comments:

  1. Sekarang Berat badan naik berapa kilo ? :D
    Ya begitulah , dikampungku juga iya kalau malam lampu wajib dimatikan semua. Kata pak gubernur, hemat energi berarti hemat duit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hemat energi dan membantu orang yang punya usaha nyolong, hehe...

      bukan digelapin total kali, om. tapi diganti lampu panjer yang kecil di kamar dan lampu luar tetap menyala buat keamanan

      Delete
    2. kan enak tuh yang gelap gelapan

      Delete
    3. ga enak gelap-gelapan, ntar salah masuk repot..

      Delete
    4. kalau salah masuk sih masih bisa ditoleransi, kalau kecepit pintu malah repot, jerit jerit

      Delete
    5. hahaha..bayanginnya aja ngilu :D

      Delete
    6. si om ini ga ngarti...
      si bebek kalo malem suka kencing
      kalo kamar mandinya gelap, waktu kebelet pipis bakal nyari kulkas dia

      Delete
    7. kalau saya malah mending gelap - gelapan, tapi tidak terlalu gelap... lampu tengah rumah tetep dinyalakan. apa lagi area meja makan

      Delete
    8. kayak di rumah, lampu tengah dinyalain..

      Delete
  2. hahaha, berbeda jauh dengan kami Mbak Ay, di rumah mamak saya di Bantul, ndak pernah malam hari bergelap ria, alasannya mamak saya penakut (jadi gemes kalau ingat ini----- pengen cium pipi mamak deh), nggak berani kemana-mana kalau gelap, ke dapur pun nggak berani, jadi daripada ngrepotin bapak atau bangunin anak-anaknya buat nemenin ke kemar kecil maka lampu dinyalakan. hanya lampu kamar tidur yang dimatikan. kebiasaan ini terbawa sampai sekarang saya berkeluarga, lampu dapur dan lampu ruang tamu tetep menyala di malam hari---tapi bukan berarti saya penakut, di sini masih hutan, banyak kelabang dan kaki seribu yang masuk rumah.

    tapi di rumah mertua saya, jian pet buret, semua lampu padam malam hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha kui, semua lampu padam bikin ketarketir..:D
      kalo rumah ibuku mah terang, wong ibuku penakut, padahal rumah kecil banget dan dempet-dempet ama rumah tetangga.. tapi teteub aja takut, takut hantu katanya..hihihi

      Delete
  3. pasang lampu panjer lah. remang remang kan asik. lagian dimana-mana mantu tuh biasanya diistimewain sama mertua. mau ngapa-ngapain yang beda dengan kebiasaan dipersilakan sangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha iyo remang-remang asik, tapi ini gelap gulita koq.. aku emang diistimewakan, tapi urusan perut, bukan yang lain...

      Delete
    2. ya suruh geserlah urusannya
      bawah bawah dikit gapapa kan..?

      Delete
    3. harus siapin lampu yang bisa di carger kayaknya.... kan ndak nyalain listrikjuga hehehe

      Delete
    4. nyalain lampu motor dulu kalo ke belakang ya mang? hehehe

      Delete
  4. saya pribadi tidak ngefek kalau mau tidur, entah peteng, padang, nang lantai, nang lapangan, wayah bubuk ya harus bubuk. hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah tidur mah hayuk aja dimana juga, tidur dimatiin lampunya juga ga papa...cuma masalah mo ke belakang aja yang repot kalo gelap gulita...:)

      Delete
  5. kirain nyediain pispot dibawah ranjang,persiapan kalau kebelet bisa langsung...werrr. di kolong ranjang....hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kang hadi mah pake botol kayaknya..

      Delete
    2. pengalaman kang lembu... katanya kan air pipis bagus buat nyiram tanaman... iya kan?

      Delete
  6. emang gitu bagusnya... biar hemat energy.. bukan bayarannya, tapi nasib bangsa. hehehehe..... kayak KKN aja... hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya ga sebanding ama pemakaian mereka utk peralatan elektronik lain :)

      Delete
  7. Memang benar gelap-gelapan tapi hemat listrikkan mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hebat itu bagus..tapi nyalain satu lampu kan ga ada salahnya?
      Daripada nyalain tipi terus berjam2 tapi ga si tonton..? :)

      Delete
  8. kalau begitu, harus bikin kamar mandi di area kamar, biar ndak repot repot jalan ke luar kamar... kirain ke kamar mandi bawa hape mau sambil ngeblog hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di jakartaa ya kamar mandinya di dalam kamar, kalo di tempat mudik alias mertua ya di belakang...

      Delete