Wednesday, November 13, 2013

Ke Rawa Bening

Pulang dari berguru salah seorang temanku mengajak untuk pergi ke Rawa Bening. Aku tak tau itu tempat apa, tapi katanya di sana banyak orang jualan batu. Bukan batu nisan, tapi batu perhiasan seperti akik, onyx atau batu permata dan sepuhan. Pokoknya semua aksesoris perbatuan lah. Kenapa aku diajak ke sana adalah untuk melihat-lihat saja, karena katanya suami dari teman yang mengajakku tadi ingin membuka kios di sana.


Sampai di lokasi parkiran sudah penuh, untungnya masih kebagian tempat parkir walopun nyempil mepet kanan kiri. Asal belum nyerempet berarti masih aman...hehehe. Lalu kami pun masuk ke gedung pertokoan di daerah Jatinegara ini. Dan langsung terpesona melihat di setiap sudut gedung isinya orang jualan aksesoris berbahan dasar batu-batuan. Aku yang baru pertama kali ke sana benar-benar takjub dengan keindahan aksesorisnya. Semuanya penuh warna dan bentuk yang beragam.

Menurut kabar, batu ini ada yang asli ada juga yang campuran. Buat mereka-meraka yang sudah terbiasa main aksesories batu pasti sudah tau mana yang asli ataupun campuran, seperti temanku yang suaminya berencana membuka kios di sana. Dia ahli sekali melihat batu yang asli atau ngga. Rencengan batu ini bisa dibeli satuan koq, ga harus banyak, dan harganya pun beragam dari yang paling murah lima ribu sampai sepuluh ribu, sampai yang paling mahal hingga jutaan. Yang jutaan biasanya yang asli.

Yang menarik adalah, penjualnya kebanyakan pria. Mungkin bisa dimaklumi karena biasanya memang penjual batu akik dimanapun adalah pria, dan di Rawa Bening ini sama saja. Ada juga yang wanita, tapi biasanya mereka menjual yang sudah menjadi perhiasan, bukan yang masih mentah belum diapa-apain. Nah, untuk para wanita pasti milihnya yang sudah berbentuk aksesoris, sedangkan pria lebih memilih untuk membeli batunya dulu, baru setelahnya dibuatkan tempat berupa cincin. Sering kan kita melihat pria pake cincin batu..? Well, sayangnya aku koq kurang sreg ya kalo ada cowo pake perhiasan, paling banter kalo cowo mah pake jam tangan udah cukup, tapi itu mah selera masing-masing deh...

Oya, untuk Arien binti Zachroni yang senang membuat aksesoris, tempat ini mungkin adalah tempat yang paling cocok mencari batu-batu cantik dan unik. Karena tidak hanya batu saja yang dijual, bahan seperti kawat, tali, pengakit dan lain-lain untuk membuat aksesories juga ada di sini. Sama kayak aku yang cuma beli talinya saja, karena ada bandul besi kalungku yang lepas talinya. Tapi harap maklum, namanya preman ga suka dengan aksesoris yang ribet, jadinya cuma simpel seperti yang sudah jadi dan aku pakai saat ini.

Eniwei, lokasinya sangat sangat mudah ditemukan. Pokoknya cari aja stasiun Jatinegara, lalu tinggal nyebrang saja karena posisi gedungnya tepat berada di seberang stasiun itu.

Happy hunting..!




...dan inilah ketiga temanku yang ganjen abiss..:D

32 comments:

  1. wah .. di Jatinegara yah, kok sayah gak tau sih, nanti mampir ah mau sekalian beli batu akik.... tapi sayang kok poto batu cincinnya gak ada yah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau soal batu mang Hadi Cilembu kayaknya suka koleksi...

      Delete
    2. batu batre apa batu bata ya?

      batu berlian dong...jawab Mang Hadi

      Delete
    3. batu bara.
      sama kang rawins ajah

      Delete
    4. saya mah khusus ngoleksi kepala batu mang

      Delete
    5. ga ada yang mau batu nisan ya?

      Delete
    6. saya mau ngoleksi batu bara ajalah...koneksi sama mas rawinss...

      Delete
  2. mana preman yang lagi nunjukin bandul kalungnya?
    # celingak celinguk...

    sehat-sehat kan Mbak Ay?



    aiiihh, seandainya saya yang diajak ke sana Mbak...kayaknya mereka bakalan susah banget bujuk saya untuk pulang, bisa-bisa nginep di Rawa Bening...
    # berharap tanggal 7 nanti si ayah sempat mampir ke sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. premannya lagi dimarahin sama pulisi Mbak.
      pulisinya markasnya di cilembu tea.

      Delete
    2. saya jadi plisi...?
      tak tembakin semua blogger yang suka ngledekin saya...dor..dor..dor

      Delete
    3. hahaha...mbak nisa suka juga ya ama aksesories begini..? :D
      alhamdulillah aku dalam keadaan sehat walafiat, semoga demikian juga para blogger.. :)
      premannya blom mandi jadinya lagi jelek, ga berani nampang...kekeke

      kalo pulisinya mamang, bisa2 bukannya kabur tapi pada ngantri minta ubi deh..

      Delete
    4. kang lembu lagi sentitif ah.....

      Delete
  3. ide baguuus Mbaaak. Ini biar nanti saya suruh anak saya baca.
    dan ngalamat acara minggu sore bakalan kesana deh, hehe..
    siip, makasih infonya. keren dan masuk banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bisa datengnya jangan teralu sore ya mas...takutnya udah tutup..
      aku ga tau jam bukanya sampe jam berapa soalnya :)

      Delete
  4. Replies
    1. Mas Javi dah bikin blog ternyata ya ?...welcome to the club deh :)

      mamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang...blom mandi juga kereennn, lupus getoh lohh

      Delete
    2. Belum paham ay cara edit n updatenya cuma baru masuk aja hehehe,,

      Delete
    3. Itu ay bikin rainbow booknya gmn?

      Delete
    4. Bukannya mas javi dah permah punya web ya? Sama aja bikinnya.. jajal baca2 dulu. Sama utak atik aja setingan layoutnya... Krn buat nerangin kepanjangan...:) aku aja dah lupa soalnya.. try and error aja..

      Delete
  5. modem lemot, satupun ngga ada gambarnya yang kebuka, cuman baca doang deh tuh ah....pokoknya hidup batu deh ah.

    #kesel gambarnya ngga ada yang kebuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. nuah...kan kebuka juga akhirnya

      ituuuh...yang baju berbunga paling depan pake kerudung ijo...itu tuh....ituh.
      #merhatii foto temennya.

      Delete
    2. iiiissshh...ga bisa diem kalo liat yang bening dikit..

      Delete
    3. hah kerudung ijo itu kan patung kang? mau tha

      Delete
    4. halaaaa...kang agus cuman jaim tuh.....

      Delete
  6. Tu yaa, mba pake batu cincin bwt kesehatan.....*geje ahh..hihihi

    ReplyDelete
  7. hehehe....saya pertama kali menginjakkan kaki ke jakarta ya di stasiun jatinegara ini mbak..
    masih apal saya dengan gambaran jatinegara...hehe
    sehat selalu ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. jatinegara yang sekarang beda lah dengan sepuluh tahun lalu

      Delete
  8. kirain rawa bening itu rawa pening mbak :(

    ReplyDelete