Friday, December 27, 2013

Melihat Persiapan Baksos

Awalnya hanya senang kumpul dengan sesama teman SMP, akhirnya muncul keinginan untuk berbagi dengan mereka yang tidak mampu. Selain lebih bermanfaat dibandingkan hanya kumpul saja tanpa ada tujuan sama sekali. Itulah kenapa akhirnya diadakan baksos di SMP 5 Semarang tempat akang menimba ilmu dulu. 

Selepas Jumatan akang mengajakku untuk melihat sekolahnya yang dulu, di sana sudah berkumpul panitia teman-teman seangkatan dengannya sedang mempersiapkan diri untuk acara baksos esok hari. Rencananya sih mereka mengadakan sunatan masal dan pembagian sembako. Alhamdulillah dana yang terkumpul lumayan banyak, jadi bisa mengajak banyak anak untuk ikut serta dalam acara sunatan masal ini. 

Saat berada di sana kuperhatikan mereka bekerja sambil bersenda gurau, kelihatan sekali kalo mereka dekat. Salah seorang teman akang bahkan bercerita kalo dia waktu sekolah dulu sering nyontek sama akang saat pelajaran fisika. Tapi biarpun udah nyontek, anehnya tetap saja nilainya ancur, teman akang itu berkisah sambil tertawa. Katanya akang emang jagonya di fisika dan matematika, tapi paling males untuk belajar hafal-hafalan. Dan memang buku raportnya semua pelajaran eksak bagus, sedangkan yang sosial amburadul. Kebalik banget ama aku yang raportnya amburadul semua, ga eksak ga sosial ancur lebur, tapi untung dah lewat sekarang...:D 

Eniwei, namanya juga udah sepuh, abis angkat-angkat sembako pinggangnya pada encok. Udah lama ga pernah angkat-angkat begitu kali, bisa jadi juga karena kurang olahraga. Seorang teman akang yang rambutnya sudah memutih berjalan tertatih memegangi pinggangnya sambil nyengir. 'Encook..encook..' katanya sambil tertawa kearahku. Aku jadi ikutan nyengir, berasa diajak ngomong sama bapak-bapak aja jadinya. 

Manusia... semakin tua semakin rapuh, seharusnya juga semakin tua semakin bijaksana, dan semakin peduli. Jika mampu membantu secara materi ya lakukanlah, jika hanya bisa secara fisik lakukanlah, jika hanya mampu dengan nasihat pun lakukanlah, jika semua tidak bisa dilakukan maka jalan terakhir bantulah dengan doa. Lakukan dengan ikhlas, lakukan tanpa diminta...

#notetoself
#semarang

4 comments:

  1. Replies
    1. Korea kan lagi dingin. mana berani beliau keluar rumah Mbak. apalagi pulang.

      Delete
  2. OK Mbak,
    saya juga mulai merasakan yang namanya akibat termakan usia.
    ini punggung sakit abis nyemes di voli sebulan lalu, masih pegel juga.

    ReplyDelete