Sunday, December 29, 2013

Pengajian

 
Malam ini aku diajak ibu mertua ikut pengajian bulanan yang diadakan salah satu pemuka masyarakat di daerah sini. Katanya pengajian ini diadakan sebulan sekali dengan mengundang para ustad yang sudah tenar, termasuk yang sering muncul di tivi juga pernah mereka undang. Dananya dikeluarkan dari dana pribadi sang pemuka masyarakat tersebut. Aku dengar memang beliau adalah orang yang sangat mampu tapi sangat dermawan. Beliau tak segan-segan membantu orang yang kesulitan, orangnya rendah hati, beliau juga sering membagikan buku agama secara cuma-cuma. Yang membuatku takjub, ternyata tidak hanya beliau saja yang punya hati baik, istri dan anaknya pun demikian. Bisa dibilang beliau sukses mendidik anak-anaknya agar tidak sombong walaupun harta berlimpah.

Saat sampai di rumah pemuka masyarakat tersebut, dan setelah bersalaman dengan pemilik rumah, kami disuguhi makanan prasmanan yang sudah tertata rapi siap disantap. Mirip seperti acara hajatan saja, aku bilang mah lumayan mewah untuk hanya sekedar acara pengajian. Lalu setelah makan kami naik ke lantai dua rumah tersebut dan menunggu sang ustadzah datang. 

Ada yang membuatku heran, sambil menunggu penceramahnya datang kami disuguhi acara nyanyi-nyanyi dengan sebuah organ tunggal. Lagunya lagu jadul semua, mungkin karena yang datang kebanyakan para sepuh dan orangtua. Yang nyanyi pun para tetangga yang memiliki bakat bersuara bagus. Hampir sejam lebih musik mengalun keras di lantai dua itu, bikin aku heran, kenapa bukannya melantunkan ayat-ayat Quran ataupun qosidahan tapi malah nyanyi-nyanyi seperti acara hajatan, bukankah judulnya pengajian..?

Tak lama sang ustadzah datang, kupikir langsung mulai ceramah agama, ga taunya malah lanjut nyanyi lagu ulang tahun Happy Birthday, ternyata beberapa anggota keluarga pemilik rumah ada yang berulang tahun di bulan Desember ini. Ga sampe situ aja, masih lanjut lagi dengan lagu-lagu tentang ibu karena katanya bulan ini adalah hari Ibu. Lalu kami dibagikan bunga mawar dalam plastik tanda penghargaan sebagai seorang wanita. Antara bingung aku tanya ama ibu mertuaku, apakah memang kayak gini kalo pas pengajian, beliau bilang iya. Ya pake nyanyi-nyanyi gitu sambil nunggu penceramah datang. 

Seumur-umur baru nih aku ikut pengajian seperti ini, selama ceramah juga diiringi musik yang mengalun lembut, juga saat kita berdoa. Belum lagi ustadzahnya ikutan nyanyi juga diakhir ceramahnya. Persis benar dengan beberapa ustad yang sering muncul di acara tivi, yang bekgronnya selalu ada musik mengalun. Rasa-rasanya koq aku kurang sreg ya..? Ya ga salah sih, cuma koq kayaknya lebih ke hepi-hepi dibandingkan menimba ilmu agama. Kurang cocok.. mendingan dipisah menurutku mah, pengajian ya pengajian aja, dan hajatan ya hajatan aja. 

Well, aku cuma ga cocok dengan itu saja, soal isi ceramahnya sih bagus, tentang peran wanita di dalam keluarga, sebagai istri, sebagai ibu, sebagai tonggak awal pendidikan anak-anak. Juga tentang bagaimana kita memperlakukan orangtua dan mertua setelah kita menikah. Ya lumayan banyak lah, intinya judul ceramah malam ini adalah 'Ibu..'

Eniwei, malam ini kami sampai rumah jam 11 malam, ustadzahnya datang telat, dan kebanyakan acara nyanyi-nyanyi jadinya pulang pun sudah malam. Tak lupa kami dibekali bikisan saat pulang. Semoga berkah dan rizki tercurah kepada pemilik rumah yang sudah menyediakan tempat dan segalanya untuk acara pengajian yang selalu ada tiap bulannya. Amin

Yuk turuuu..!

PS : foto di atas diambil saat para pria menyanyikan salah satu lagu Ujeh..

12 comments:

  1. Baru tahu juga mba Ay acara pengajian yang semacam ini..

    ReplyDelete
  2. unik juga acara pengajianya...
    meskipun kurang sreg juga dihati,tapi biarlah....asal gak nyanyi sambil goyang inul

    ReplyDelete
  3. pengajiannya menyesuaikan jaman yaak...hehehe

    ReplyDelete
  4. nyanyi2nya yang bikin semangat.

    ReplyDelete
  5. antrinya kaya lagi penggajian..

    ReplyDelete
  6. pengajian nyentrik yang ngga umum bagi yang baru ikutan pengajian model gituh....biarin dah ah...pikiran saya juga lagi ruwet, ngapain mikirin pengajian yang unik ituh...nambah kerjaan azh deh ih.
    tapi intinya nyampe juga tuh ceramah ustadzahnya...kan?

    ReplyDelete
  7. Saya pikir gak masalah mau nyanyi, nembang atau apa, yang penting materi pengajiannya bukan memancing perpecahan, menjelek-jelekkan orang lain atau sebangsa itu, seperti yang belakangan ini sering saya dengar kalau ikut pengajian.

    ReplyDelete
  8. kalo pake nyanyi2 lagu pop rasa2nya ga pas utk pengajian tp pas cocok acara "penggajian" hepi2lah kan tanggal muda heheheeee....

    ReplyDelete
  9. jaman sekarang memang kebanyakan begitu..adakan pengajian , tapi sambil menunggu pengajian terlaksana...diisi dengan berbagai kegiatan yang tak ada hubungannya dengan pengajian...entahlah apa maksudnya...apakah pengajian itu terlaksana hanya jaga image belaka...entahlah ,
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  10. pengajiannya keren mbak pake nyanyi nyanyi hehe
    seragam pula bajunya merah merah

    ReplyDelete
  11. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    ReplyDelete